Monday, April 3, 2017

Pertemuan 2 : Berteman dengan botol

Hari ini adalah hari pertama kami melakukan kegiatan daur ulang. Tentunya tidak ada yang datang terlambat, karena kami bersemangat sekali. Suasana semakin ria saat kami menemukan teman kami dari kelas yang lain juga melakukan kegiatan daur ulang pada hari yang sama.

Kami kemudian bersama-sama menemui Pak Iwan. Beliau kemudian membawa kami ke tempat kerja kami. Tidak lupa pula, beliau membawa tiga kantung plastik hitam besar yang berisi sampah botol plastik. Disana kami diberikan kursi kecil dan dijelaskan bagaimana cara mendaur ulang botol plastik. Sungguh tertarik rasanya menyaksikan beliau  yang dengan cekatan membuka botol-botol plastik.


Botol plastik pertama dipisahkan dengan tutup botolnya. Kemudian, plastik kecil yang ada di leher botol juga kita lepas dengan alat seperti cutter yang bengkok. Lalu, kita buka kemasan yang melekat di botol dan yang terakhir, kita remas botol tersebut. Yang perlu diperhatikan adalah jenis plastik nya. Ada dua jenis botol plastik, yaitu botol yang berwarna putih bening dan yang berwarna sedikit kebiruan seperti botol Aqua. Kedua nya memiliki nilai jual yang berbeda. Botol berwarna putih lebih mahal daripada botol berwarna biru sehingga harus dipisahkan. Begitu pula dengan tutup botolnya.


Teman-teman kami dari kelas lain nampaknya sudah  tidak sabar. Ternyata ini adalah kali keempat mereka melakukan daur ulang di sana. Pak Iwan akhirnya memutuskan untuk menggabungkan kami semua menjadi satu kelompok kerja besar. Kami semua mulai mengambil alat buka botol satu per satu. Dengan orang yang banyak, suasana menjadi sedikit riuh, tapi juga menyenangkan disaat yang bersamaan. Untuk meningkatkan produktivitas, setiap orang memiliki tugas masing-masing. Saya bertugas untuk meremas botol bersama teman saya Bryan, sedangkan yang lain membersihkan botolnya.


Saya menemukan bahwa menginjak botolnya lebih mudah daripada meremasnya dan hal itu menyenangkan sekali.



Melihat kami yang riuh dan cepat membersihkan botol, Pak Iwan berbaik hati meminjamkan kami kipas angin besar. 

Tidak terasa sudah jam setengah tiga sore dan kami sudah berhasil membersihkan banyak botol plastik.Sekarang adalah waktunya kami untuk beres-beres dan berfoto bersama.
Sungguh hari yang menyenangkan. Seperti itulah hari pertama daur ulang kami, tunggu pertualangan kami selanjutnya pada hari Rabu esok.

-Aditya

Daftar Hadir
-Aditya Wirya Darma
-Bravio Pranatta
-Ignasius Raffael Santoso
-Michael Jihanda
-Wiliam Darmawan

Lihat Daftar Hadir selengkapnya di sini

No comments:

Post a Comment